Pengenalan Dasar Jaringan

Diposting oleh RizaL ( izZe' ) Kamis, 26 Februari 2009

DASAR JARINGAN KOMPUTER

Ø Komunikasi Data

Ø Jenis

Ø Perangkat Keras dan Lunak

Ø Contoh Konfigurasi

Ø Arsitektur Protokol

Ø Sistem Operasi Jaringam

Definisi

Ø Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan komputer yang dihubungkan agar dapat saling berkomunikasi dengan tujuan membagi sumber daya (seperti file dan printer).

Ø Agar jaringan dapat berfungsi, dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya.

Ø Dibutuhkan aturan-aturan (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan

Sistem Komunikasi

Ø Jaringan komputer = jaringan komunikasi data = sistem komunikasi

l Pertukaran data minimal antar dua entitas

Ø Model komunikasi umum:

Ø Contoh:


Komunikasi Data

Jenis-Jenis Jaringan

Ø Berdasarkan koneksi (keterhubungan):

l Broadcast Links

l Point-to-point Links

Ø Berdasarkan skala:

  • l Local Area Network (LAN)

l Metropolitan Area Network (MAN)

l Wide Area Network (WAN)

l Internetwork (internet)

Ø Berdasarkan topologi:

l Bus

l Star

l Ring

l dll

Ø Berdasarkan protokol:

l Ethernet

l Token Ring

l dll

Ø Berdasarkan arsitektur

l Peer-to-peer

l Client/Server

l hybrid

LAN

Ø Jaringan komputer lokal yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dimana perangkat jaringan yang saling terhubung terletak didalam sebuah gedung atau antar gedung yang berjarak beberapa km.

Ø Teknologi:

l Ethernet LAN

l Wireless LAN

Contoh konfigurasi LAN


MAN

Ø Jaringan komputer yang jangkauannya mencakup kota.

Ø Teknologi: jaringan TV kabel

Contoh MAN

Internet melalui Sistem TV Cable



WAN

Ø Jaringan komputer yang cakupannya lebih luas dari LAN, yaitu dari negara sampai benua.

Ø Teknologi:

l Circuit Switching

l Packet Switching

l Frame Relay

l Asynchronous Transfer Mode (ATM)

l Jaringan wireless seluler

Contoh WAN

Internet

Ø Sekumpulan jaringan berbeda (LANs, WANs, atau keduanya) yang saling terkoneksi

Contoh internet

Client/Server

Ø Definisi:

l Server (back end) = penyedia layanan yang menyediakan akses ke sumber daya jaringan

l Client (front end) = komputer yang meminta layanan dari server

Ø Client/Server yaitu jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak client dan satu atau lebih server.

Ø Keuntungan:

l Penyimpanan data yang terpusat memberikan kemudahan untuk pengelolaan dan backup data

l Penggunaan spesifikasi server yang optimal mempercepat proses komunikasi di jaringan

l Kemudahan mengatur user dan sharing peralatan mahal

l Keamanan lebih terjamin

Ø Keuntungan:

l Biaya pembelian hardware dan software server

l Dibutuhkan administrator jaringan

Peer-to-Peer

Ø Sebuah workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus

Ø Keuntungan:

l Tidak ada biaya tambahan untuk pembelian hardware dan software server

l Tidak diperlukan administrator jaringan

Ø Kekurangan:

l Sharing sumber daya membebani proses di komputer yang bersangkutan

l Keamanan tidak terjamin

Hybrid

Ø Menggabungkan keuntungan jaringan client/server dan peer-to-peer

Ø User dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer-to-peer, dan secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server

Perangkat Jaringan

Ø Alat pemroses (PC, printer, IP phone, laptop, PDA, mobile phone, dll) = host

Ø Network Interface Card

Ø Media Transmisi

l Kabel - wired: twisted pair, coaxial dan fibre optic

l Wireless: antena, microwave, broadcast radio, infrared, dan bluetooth

Ø Repeater, Hub, Bridge, Switch, Router dan Gateways = node

Arsitektur Protokol

Ø Perangkat lunak dari jaringan komunikasi data

Ø Terdiri dari layer, protokol dan interface

l Jaringan diorganisasikan menjadi sejumlah level (layer) untuk mengurangi kerumitannya

l Setiap layer dibuat berdasarkan layer dibawahnya

l Antar layer terdapat sebuah interface yang menentukan operasi dan layanan yang diberikan layer terbawah untuk layer diatasnya

l Layer pada level yang sama di dua host yang berbeda dapat saling berkomunikasi dengan mengikuti sejumlah aturan dan ketetapan yang disebut sebagai protokol.

Ø Dua model:

l OSI (hanya sebuah konsep)

l TCP/IP (digunakan secara komersial)

Hubungan antara Layer dan Layanan


Model OSI

Ø Open Source Interconnection

Ø Dibuat oleh International Standard Organization untuk memberikan model umum untuk jaringan komunikasi data

Ø Terdiri dari 7 layer:

l Physical layer

l Data link layer

l Network layer

l Transport layer

l Session layer

l Presentation layer

l Application layer

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/OSI_model

Physical Layer

Ø Menangani pengiriman bit-bit data melalui saluran komunikasi

Ø Memastikan jika entiti satu mengirimkan bit 1, maka entiti yang lain juga harus menerima bit 1

Ø Fungsi utama untuk menentukan

l berapa volt untuk bit 1 dan 0

l berapa nanoseconds bit dapat bertahan di saluran komunikasi

l kapan koneksi awal dibuat dan diputuskan ketika dua entiti selesai melakukan pertukaran data

l jumlah pin yang digunakan oleh network connector dan fungsi dari setiap pin

Ø Contoh: token ring, IEEE 802.11

Ø Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah hub, repeater, network adapter/network interface card, dan host bus adapter (digunakan di storage area network)

Data Link Layer

Ø Menyediakan prosedur pengiriman data antar jaringan

Ø Mendeteksi dan mengkoreksi error yang mungkin terjadi di physical layer

Ø Memiliki address secara fisik yang sudah di-kode-kan secara langsung ke network card pada saat pembuatan card tersebut (disebut MAC Address)

Ø Contoh: Ethernet, HDLC, Aloha, IEEE 802 LAN, FDDI

Ø Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah bridge dan layer-2 switch

Network Layer

Ø Menentukan prosedur pengiriman data sekuensial dengan berbagai macam ukuran, dari sumber ke tujuan, melalui satu atau beberapa jaringan, dengan tetap mempertahankan Quality of Service (QoS) yang diminta oleh transport layer

Ø Fungsi:

l Routing: menentukan jalur pengiriman dari sumber ke tujuan, bisa statik (menggunakan tabel statik yang cocok untuk jaringan yang jarang sekali berubah) atau dinamis (menentukan jalur baru untuk setiap data yang dikirimkan)

l Pengendalian kongesti (kemacetan pada proses pengiriman data)

l Mempertahankan QoS (delay, transit time, jitter, dll)

l Menyediakan interface untuk jaringan-jaringan yang berbeda agar dapat saling berkomunikasi

Ø Contoh: Internet Protocol (IP)

Ø Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah router dan layer-3 switch

Transport Layer

Ø Menerima data dari layer diatasnya, memecah data menjadi unit-unit yang lebih kecil (sering disebut packet), meneruskannya ke network layer dan memastikan semua packets tiba di ujung penerima tanpa ada error

Ø Layer ini harus melakukan proses diatas secara efisien dan memastikan layer diatas tidak terpengaruh terhadap perubahan teknologi hardware

Ø Fungsi:

l Flow control

l Segmentation/desegmentation

l Error control

Ø Contoh: Transmission Control Protocol (TCP), User Datagram Protocol (UDP), Stream Control Transmission Protocol (SCTP)

Session Layer

Ø Mengijinkan user-user yang menggunakan mesin yang berbeda untuk membuat dialog (session) diantara mereka

Ø Fungsi:

l Pengendalian dialog: memantau giliran pengiriman

l Pengelolaan token: mencegah dua pihak untuk melakukan operasi yang sangat kritis dan penting secara bersamaan

l Sinkronisasi: menandai bagian data yang belum terkirim sesaat crash pengiriman terjadi, sehingga pengiriman bisa dilanjutkan tepat ke bagian tersebut

Presentation Layer

Ø Mengatur tentang syntax dan semantics dari data yang dikirimkan

Ø Manipulasi data seperti MIME encoding, kompresi, dan enkripsi dilakukan di layer ini

Application Layer

Ø Sangat dekat dengan user

Ø Menyediakan user interface ke jaringan melalui aplikasi

Ø Contoh protokol aplikasi yang banyak digunakan: hypertext transfer protocol (HTTP) yang digunakan di world wide web, file transfer protocol (FTP) untuk pengiriman file antar komputer, simple mail transfer protocol (SMTP) untuk email

Model TCP/IP

Ø Arsitektur protokol yang digunakan oleh Internet dan jaringan komersial lainnya

Ø Terdiri dari 4 layer:

l Data link layer

l Network layer

l Transport layer

l Application layer

Data Link Layer

Ø Sebenarnya bukan bagian dari TCP/IP suite.

Ø Proses pengiriman dan penerimaan packet untuk layer ini dapat dilakukan oleh software device driver dari network card/adapter yang digunakan.

Ø Layer ini juga termasuk physical layer, yang terdiri dari komponen fisik seperti hub, repeater, kabel jaringan (UTP, fibre, coaxial), network cards, network connectors (RJ-45, BNC, dll) dan spesifikasi untuk sinyal (level voltase, frekuensi, dll)

Network Layer

Ø Awalnya network layer ditujukan untuk mengirimkan packet antar host di sebuah jaringan, contoh X.25

Ø Pengembangan ke Internetworking, dimana jalur pengiriman packet dari sumber ke tujuan melalui jaringan-jaringan lainnya (routing)

Ø Beberapa protokol bagian dari IP yaitu ICMP (menyediakan informasi dianostik untuk pengiriman packet IP), IGMP (mengelola data multicast), protokol routing seperti BGP, OSPF dan RIP

Transport Layer

Ø Menyediakan layanan pengiriman pesan dari ujung ke ujung yang dapat dikategorikan sebagai:

l Connection-oriented: TCP (byte-oriented) dan SCTP(stream-oriented)

l Connectionless: UDP dan RTP (datagram)

Application Layer

Ø Layer ini mencakup presentation dan session layer dari model OSI, dimana layanan dari layer-layer tersebut disediakan melalui libraries

Ø Data user yang akan dikirimkan melalui jaringan diterima melalui application layer, baru kemudian diteruskan ke layer dibawahnya, yaitu transport layer.

Ø Setiap aplikasi yang menggunakan TCP atau UDP, membutuhkan port sebagai identitas aplikasi tersebut. Contoh: port untuk HTTP adalah 80, port untuk FTP adalah 21

Ø Port numbers (16 bit) digunakan oleh TCP atau UDP untuk membedakan setiap proses yang menggunakan layanan mereka

l Well known ports: 0 s/d 1023 dipesan oleh Internet Assigned Number Authority (IANA) → tidak bisa digunakan secara bebas

l Registered ports: 1024 s/d 49151 → tidak dikontrol oleh IANA tapi tidak bisa digunakan secara bebas karena sudah direserve oleh sistem komputer

l Dynamic atau private atau ephemeral (short-lived) ports: 49152 s/d 65535 → bisa digunakan user secara bebas

Sistem Operasi Jaringan

Ø Menyediakan fungsi khusus untuk

l menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan

l mengelola sumber daya jaringan

l menyediakan layanan

l menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users

Ø Sistem operasi oleh jaringan client/server yang umum digunakan: Windows NT Server family (Windows Server 2000 dan 2003), Novell NetWare, dan Unix/Linux

Ø Windows 98, Windows 2000 professional, Windows XP professional, dan Windows NT Workstation tidak digunakan oleh server, tetapi dapat digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk jaringan, seperti dapat mengakses file dan printer

UNIX

Ø Multiuser dan multitasking operating system

Ø Dibuat di Bell Laboratories awal tahun 1970an

Ø Tidak user friendly

Ø Dapat menangani pemrosesan yang besar sekaligus menyediakan layanan internet seperti web server, FTP server, terminal emulation (telnet), akses database, dan Network File System (NFS) yang mengijinkan client dengan sistem operasi yang berbeda untuk mengakses file yang di simpan di komputer yang menggunakan sistem operasi UNIX

Ø Trademark dari UNIX sekarang dipegang oleh the Open Group

Linux

Ø Turunan dari Unix yang merupakan freeware dan powerfull operating system

Ø Linux dapat digunakan sebagai sistem operasi server dan client

Ø Memiliki implementasi lengkap dari arstitektur TCP/IP dalam bentuk TCP/IP networking software, yang mencakup driver untuk ethernet card dan kemampuan untuk menggunakan Serial Line Internet Protocol (SLIP) dan Point-to-Point Protocol (PPP) yang menyediakan akses ke jaringan melalui modem

Ø Sejumlah layanan yang disediakan oleh Linux yang berbasiskan TCP/IP suite:

l Web server: Apache

l Web proxy: Squid

l File dan print sharing: Samba

l Email: Sendmail

l Domain Name Server: menyediakan mapping antara nama dan IP address dan mendistribusikan informasi tentang jaringan (mail server) contoh BIND

Novell Netware

Ø Dahulu digunakan sebagai LAN-based network operating system

Ø Dibuat oleh Novell, Inc.

Ø Banyak digunakan pada awal sampai pertengahan tahun1990-an

Ø Konsep: pembagian disk space dan printer

Ø Pengembangan:

l File sharing: layanan modul file, pencarian lokasi fisik dilakukan di server

l Caching: meng-caching file yang sedang aktif

l Netware Core Protocol (NCP) lebih efektif: tidak ada perlu ada acknowledgement untuk setiap permintaan atau data yang dikirimkan

l Pelayanan selain file dan printer sharing seperti web, email, database, TCP/IP, IPX, dll

OS/2

Ø 32-bit operating system yang dibuat oleh IBM dan Microsoft, tetapi sekarang dikelola hanya oleh IBM

Ø Mirip seperti windows tetapi mempunyai feature yang dimiliki oleh Linux dan Xenix

Ø Penggunaan akan dihentikan diakhir tahun 2006

l IBM menggunakan Linux dan keluarga Windows

Windows NT

Ø Dibuat oleh Microsoft sebagai kelanjutan dari OS/2 versi mereka

Ø Versi dari keluarga Windows NT:

l Windows NT 3.51

l Windows 2000 (NT 5.0)

Windows 2000 Professional (workstation version)

Windows 2000 Server

Windows 2000 Advanced Server

Windows 2000 Datacenter Server

l Windows Server 2003

l Windows XP

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan Isikan Komentar Anda ... Anda Sopan Kami Segan.
Komentar yang tidak sesuai dengan Tema Akan diSpam ..